Jumlah Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini33
mod_vvisit_counterKemarin39
mod_vvisit_counterMinggu Ini72
mod_vvisit_counterMinggu kemarin179
mod_vvisit_counterBulan ini189
mod_vvisit_counterBulan lalu727
mod_vvisit_counterSemuanya278012

Online (20 minutes ago): 3
IP Anda: 18.207.130.162
,
Hari ini: Apr 06, 2020


SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo
Rangkaian HUT SMPN 1 Jetis ke-42, Bhaksos, Donor Darah, Festival Reyog, Pagelaran Seni Budaya hingga Sepeda Santai PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Sabtu, 14 Maret 2020 05:48

Sumber: Seputar Ponorogo

Ponorogo - Masih dalam rangkaian HUT SMPN 1 Jetis ke-42, beragam kegiatan dilakukan, diantaranya digelar Panggung Seni Budaya yang dipusatkan di Halaman Sekolah. Dalam acara pembukaan, hadir Kepala Dinas Pendidikan Ponorogo, Ir Retno Wulandari bersama jajaran pengawas, komite serta tamu udangan penting lainnya, Rabu, (11/03/2020).

Kehadiran Kepala Dinas Pendidikan Ponorogo bersama rombongan ini diberi suguhan menarik pertunjukan Seni dan Budaya Tradisional. Festival Seni Reyog Ponorogo antar kelas dan juga Pagelaran Seni Budaya menjadi ajang unjuk kebolehan siswa antar kelas.

 


Dengan menampilkan peran lengkap kesenian tradisional reyog ponorogo baik pembarong, jathil maupun warok. Adapula yang berperan sebagai pujangganong maupun prabu klono sewandono-nya. Siswa-siswi binaan SMPN 1 Jetis ini mampu menunjukkan eksotisme budaya lokal ponorogo yang patut mendapat apresiasi.

Semua aktor dalam Kesenian Tradisional Reyog Ponorogo tersebut menjadi materi wajib yang diajarkan di sekolah. Tak sekedar teori praktek di dalam kelas tetapi juga tampil di tempat umum dalam sebuah pertunjukan panggung. Sehingga diselenggarakanlah even tahunan tersebut menjadi sarana memfasilitasi kemampuan siswa dalam bidang seni dan budaya. “Dengan digelarnya Panggung Seni Budaya seperti ini bertujuan untuk melatih mental serta menguji keberanian anak-anak di tampil depan umum,” kata Kepala SMPN 1 Jetis, Dra. Asih Setyowati., M.Pd saat ditemui di sela kegiatan Pagelaran Seni dan Budaya.


Masih menurutnya, Pagelaran Seni Budaya tersebut merupakan serangkaian kegiatan yang digelar memperingati HUT ke-42 SMPN 1 Jetis. “Banyak kegiatan yang kita gelar diantaranya Donor darah, bhakti sosial dengan memberikan alat kebersihan kepada Masjid/ Mushola serta bagi sembako kepada warga kurang mampu di Wilayah Kecamatan Jetis. Siswa Kelas 7 Bhakti Sosial di Masjid dan Mushola, Siswa Kelas 8 Festival Reyog Ponorogo antar kelas, Kelas 9 menampilkan Pagelaran Seni budaya dan masih ada lagi kegiatan Sepeda Santai “Nggowes Bareng” Keluarga Besar SMPN 1 Jetis,” ungkapnya

Serangkaian panjang kegiatan HUT ke-42 SMPN 1 Jetis tersebut merupakan wujud syukur serta apresiasi terhadap prestasi yang telah ditorehkan selama 42 tahun. "Di usia ke-42 tahun SMPN 1 Jetis terus berkarya, dengan prestasi membanggakan baik di tingkat Kecamatan, kabupaten, provinsi, nasional bahkan internasional," pungkasnya.

Dalam kesempatan pembukaan Panggung Seni Budaya tersebut, Kepala SMPN 1 Jetis, Dra. Asih Setyowati., M.Pd berkesempatan menyerahkan Buku Karya SMPN 1 Jetis. Penyerahan buku tersebut menjadi bukti Gerakan Literasi yang berjalan dengan baik di Sekolah tersebut. (han)