Jumlah Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini57
mod_vvisit_counterKemarin53
mod_vvisit_counterMinggu Ini172
mod_vvisit_counterMinggu kemarin441
mod_vvisit_counterBulan ini1165
mod_vvisit_counterBulan lalu1479
mod_vvisit_counterSemuanya269258

Online (20 minutes ago): 3
IP Anda: 54.157.61.68
,
Hari ini: Mei 21, 2019




PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2016 PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Selasa, 03 Mei 2016 03:59

 

PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2016

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei, bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hadjar Dewantara, pahlawan nasional yang dihormati sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia. Ki Hadjar Dewantara lahir dari keluarga kaya Indonesia selama era kolonialisme Belanda, ia dikenal karena berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda pada masa itu, yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengenyam bangku pendidikan.

Kritiknya terhadap kebijakan pemerintah kolonial menyebabkan ia diasingkan ke Belanda, dan ia kemudian mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama Taman Siswa setelah kembali ke Indonesia. Ki Hadjar Dewantara diangkat sebagai menteri pendidikan setelah kemerdekaan Indonesia. Filosofinya, tut wuri handayani ("di belakang memberi dorongan"), digunakan sebagai semboyan dalam dunia pendidikan Indonesia. Ia wafat pada tanggal 26 April 1959. Untuk menghormati jasa-jasanya terhadap dunia pendidikan Indonesia, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Hari Pendidikan Nasional dirayakan secara luas di Indonesia. Perayaannya biasanya ditandai dengan pelaksanaan upacara bendera di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, dari tingkat kecamatan hingga pusat, disertai dengan penyampaian pidato bertema pendidikan oleh pejabat terkait.

Demikian juga dengan SMPN 1 Kec. Jetis Kab. Ponorogo perayaan hari pendidikan nasional kali ini dirayakan berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini SMPN 1 Kec. Jetis merayakannya dengan mengadakan berbagai lomba yang diikuti oleh perwakilan seluruh  kelas VII dan VIII  antara lain, Lomba memasak yang diikuti oleh siswa, lomba merias wajah yang diikuti oleh siswi dan lomba pidato yang diikuti oleh siswa dan siswi.

Harapan dari ibu kepala sekolah diadakannya lomba-lomba ini diharapkan bias membangkitkan motivasi dan inspirasi peserta didik untuk terus berkarya dimasa mudannya, sesuai dengan tema Hari Pendidikan Nasional 2016. Nyalakan pelita terangkan cita-citamu. SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2016 SEMOGA PARA GURU MEWUJUDKAN CITA-CITA SISWA-SISWANYA.

 
« MulaiSebelumnya12BerikutnyaAkhir »

Halaman 1 dari 2