Informasi

Jumlah Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini51
mod_vvisit_counterKemarin63
mod_vvisit_counterMinggu Ini258
mod_vvisit_counterMinggu kemarin413
mod_vvisit_counterBulan ini1273
mod_vvisit_counterBulan lalu2177
mod_vvisit_counterSemuanya245954

Online (20 minutes ago): 1
IP Anda: 54.224.102.26
,
Hari ini: Nov 22, 2017


Kegiatan Membatik Membawa SMP Negeri 1 Kecamatan Jetis ke Kancah Nasional PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Sabtu, 30 Juli 2016 01:39

Batik merupakan warisan leluhur dari nenek moyang Bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan. Sebagai lembaga pendidikan yang mencetak generasi penerus bangsa, SMPN 1 Kec. Jetis berusaha membekali Peserta Didik untuk memperkenalkan dan belajar membatik sejak di Kelas VII. Selanjutnya karya batik dari anak-anak dipakai sebagai seragam setiap hari Sabtu di kelas IX. Sehingga kelas IX setiap hari Sabtu akan penuh dengan warna-warni hasil karya batik yang dipakai oleh anak itu sendiri.



Pelajaran membatik pada kurikulum SMPN 1 Kec. Jetis terampu pada mata pelajaran Seni Budaya yang diajarkan 2 (dua) jam pelajaran per minggu oleh guru Seni Budaya yang mengajar di kelas tersebut. Peserta Didik sangat antusias menorehkan karyanya di sepotong kain putih yang kelak akan menjadi karya batik tulis kebanggaannya. Peserta Didik saat melaksanakan kegiatan membatik berada di luar kelas. Anak-anak membatik di bawah pohon-pohon rindang atau di gazebo yang memang dipersiapkan untuk kegiatan ini.

Hasil karya batik yang dibuat oleh anak-anak ini menarik tim penilai adiwiyata mulai dari tingkat kabupaten sampai di tingkat nasional. Dan akhirnya karena batik inilah SMP Negeri 1 Kec. Jetis berhasil menerima penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional Tahun 2014 dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta dari Menteri Lingkungan Hidup.



Hasil karya batik anak-anak SMPN 1 Kec. Jetis sering dipamerkan dalam kegiatan pameran, baik di tingkat Kabupaten maupun di tingkat Nasional. Hal ini membuat decak kagum dari para pengunjung dan juga dari berbagai awak media sehingga pernah diberitakan di televisi swasta yang meliput kegiatan pameran tersebut. Demikain juga guru tidak kalah berprestasinya menghasilkan karya batik yang desain oleh Bpk. Suryono, S.Pd (alm) dan dipakai sebagai batik seragam adiwiyata SMPN 1 Kec. Jetis.



Kita berharap dengan kegiatan membatik ini menambah rasa cinta generasi muda untuk cinta tanah air dan mempunyai keinginan melestarikan budaya bangsa yang luar biasa ini. Dengan mempunyai kompetensi membatik ini diharapkan lulusan SMPN 1 Kec. Jetis bisa menularkan kemampuannya kepada masyarakat yang ada di sekitar dan bisa sebagai kelebihan dari alumni SMPN 1 Kecamatan Jetis. (Humas SMPN 1 Kec. Jetis)