Informasi

Jumlah Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini51
mod_vvisit_counterKemarin63
mod_vvisit_counterMinggu Ini258
mod_vvisit_counterMinggu kemarin413
mod_vvisit_counterBulan ini1273
mod_vvisit_counterBulan lalu2177
mod_vvisit_counterSemuanya245954

Online (20 minutes ago): 1
IP Anda: 54.224.102.26
,
Hari ini: Nov 22, 2017


Kegiatan Literasi SMPN 1 Kecamatan Jetis Sebagai Salah Satu Upaya Penumbuhan Budi Pekerti PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 03 Agustus 2016 04:52

Dalam rangka mengimplementasikan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti, SMPN 1 Kecamatan Jetis Ponorogo mengadakan kegiatan baru yang berupa kegiatan literasi untuk semua siswanya dan juga untuk guru-gurunya. Kegiatan ini dicanangkan sejak tanggal 1 Agustus 2016 dengan tujuan:
1.    Mengembangkan potensi diri Peserta Didik dan Guru
2.    Menambah wawasan dan pengetahuan dari buku
3.    Menggunakan perpustakaan sebagai tempat pembelajaran

Kegiatan literasi yang dilaksanakan di SMPN 1 Kecamatan Jetis diantaranya:
1.    Membaca 10 menit setelah jam ke-4 dengan buku-buku yang telah ada di kelas tersebut. Dan bertukar buku antar siswa dalam kelas tersebut setiap 2 minggu selanjutnya bertukar buku antar kelas setiap 3 bulan. Kegiatan membaca ini ditulis peserta didik dan guru dalam jurnal membaca serta ditandatangani oleh pendamping bagi siswa dan kepala sekolah bagi guru.
2.    Kegiatan terjadwal masuk kelas untuk tiap mata pelajaran ke perpustakaan. Sedangkan bentuk pembelajaran di perpustakaan diserahkan pada guru matpelnya masing-masing.
3.    Kegiatan terjadwal meresume buku di perpustakaan setiap hari Jumat untuk kelas VII dan VIII.

Dalam menunjang kegiatan ini, saat dikonfirmasi wakasek sarana prasarana SMPN 1 Kecamatan Jetis, Jemani, M.Pd, mengatakan selain menyediakan buku di kelas-kelas (sejumlah siswa yang ada di kelas tersebut) sekolah juga menyediakan pojok literasi di depan ruang adiwiyata, UKS, lab. Bahasa, kantin, sehingga siswa bisa membaca buku dan menambah pengetahuan dimana saja dia berada. Ketika ditanyakan kepada Kepala Sekolah darimana buku literasi ini diperoleh, Dra. Nurlaila Djadjuli, M.Pd menyampaikan selain dibeli dari dana BOS, juga mendapatkan bantuan buku dari Wali Peserta Didik mulai dari kelas VII sampai kelas IX. Buku-buku bantuan dari wali murid ini terlihat tersampul rapi dan berada di setiap kelas. Selanjutnya Kepala SMPN 1 Kecamatan Jetis menyampaikan rasa terimakasihnya kepada semua wali murid atas bantuan buku yang diberikan semoga buku-buku yang ada ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan/wawasan anak.




Untuk mendukung kegiatan literasi ini SMPN 1 Kecamatan Jetis memiliki 2 perpustakaan yang representatif lengkap dengan IT dan Wifi. Jumlah judul buku yang ada di perpustakaan lebih dari 1500 judul. Saat dikonfirmasi kepada Kepala Perpustakaan, Suwarti, S.Pd, beliau mengatakan perpustakaan SMPN 1 Kecamatan Jetis setiap tahun selalu menambah buku baik fiksi maupun non fiksi. Jenis buku dan judul buku yang dibeli berdasarkan permintaan dari anak-anak dan guru. Karena di perpustakaan disediakan buku untuk menuliskan jenis dan judul buku yang akan dibeli oleh sekolah. Selain itu tugas-tugas dari guru matpel yang sifatnya softcopy juga terkumpul di computer perpustakaan sehingga bisa dibaca dan dilihat oleh peserta didik yang lain. Selain itu untuk memotivasi para peserta didik, sekolah juga memberikan penghargaan kepada penulis resume terbaik, peminjam buku terbanyak, dan pengumjung perpustakaan terrajin pada masing-masing jenjang kelas. Penghargaan ini diberikan setiap akhir semester. Suwarti, S.Pd menambahkan setiap tengah semester selalu memutar film yang berkaitan dengan patriotisme, cinta tanah air maupun film-film yang membangkitkan motivasi. Bagi anak-anak yang bisa menceritakan kembali isi film tersebut dan menuliskannya dengan baik akan mendapatkan hadiah. Suwarti, S.Pd juga menyampaikan dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh dua orang tenaga perpustakaan yaitu Luluk Nur Azizah, A.Md dan Tri Yudha Sujatmiko.





Tidak salah apabila anak-anak yang bersekolah di SMPN 1 Kecamatan Jetis maupun lulusannya mempunyai karakter yang sangat bagus karena banyak kegiatan-kegiatan yang menumbuhkan sikap atau karakter yang baik pada peserta didiknya, selain kegiatan literasi. Diantaranya:
1.    Kultum 15 menit sebelum pembelajaran dimulai
2.    Memberi salam, senyum dan sapa kepada setiap orang di komunitas sekolah
3.    Mengucapkan salam kepada guru sebelum pembelajaran dimulai.
4.    Adanya kepedulian kepada sesama warga sekolah dengan menjenguk warga yang sedang sakit, kematian dsb
5.    Membiasakan untuk sholat dhuha dan juga sholat dhuhur berjamaah
6.    Melakukan perayaan hari besar agama dengan kegiatan yang sederhana dan khidmat
7.    Upacara pada hari Senin dan hari besar lainnya
8.    Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Lagu Wajib Nasional atau lagu yang bisa membangkitkan patriotisme dan cinta tanah air.
9.    Salah satu kegiatan Jumat pagi yaitu merawat tanaman dan kebersihan lingkungan sekolah.
10.    Adanya piket kebersihan secara beregu
11.    Membiasakan diri untuk memiliki tabungan bekerja sama dengan bank yang dating ke sekolah 2 kali dalam seminggu.

Pembentukan karakter ini dilakukan dengan melakukan pembiasaan terus menerus sehingga akhirnya anak-anak terbiasa dengan kegiatan-kegiatan ini. Karena di tingkat pendidikan dasar inilah karakter anak dibentuk. Kapan lagi kalau tidak sekarang dan siapa lagi kalau bukan kita yang membentuk karakter generasi muda Indonesia. Bravo SMPN 1 Kecamatan Jetis. Salam Sukses (Humas SMPN 1 Kecamatan Jetis)