Informasi

Jumlah Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini51
mod_vvisit_counterKemarin63
mod_vvisit_counterMinggu Ini258
mod_vvisit_counterMinggu kemarin413
mod_vvisit_counterBulan ini1273
mod_vvisit_counterBulan lalu2177
mod_vvisit_counterSemuanya245954

Online (20 minutes ago): 1
IP Anda: 54.224.102.26
,
Hari ini: Nov 22, 2017


Karawitan Siswo Hutomo Laras SMPN 1 Kecamatan Jetis Tampil Apik Pada Lomba Karawitan Pelajar Tingkat SD/MI dan SMP/MTs Dalam Rangka Hari Jadi Kabupaten Ponorogo Ke-520 Tahun 2016 PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Senin, 08 Agustus 2016 01:41

SMPN 1 Kecamatan Jetis kembali menunjukkan kepeduliannya dalam pelestarian budaya Jawa. Hal ini dibuktikan dengan keikutsertaannya grup karawitan Siswo Hutomo Laras pada Lomba Karawitan Pelajar Tingkat SD/MI dan SMP/MTs Dalam Rangka Hari Jadi Ponorogo ke-520 Tahun 2016. Walaupun karawitan Siswo Hutomo Laras SMPN 1 Kecamatan Jetis ini baru diluncurkan satu tahun ini, namun penampilannya tidak mengecewakan saat mengikuti lomba.



Grup karawitan ini dengan baju sinden yang berwarna kuning kontras dengan suara merdu melantunkan tembang wajib Ela-ela Gandrung dan Ibu Pertiwi, serta tembang pilihannya adalah Ojo Rewel. Suara tabuhan gamelan Jawa yang indah berkumandang di Pendopo Kabupaten Ponorogo mengiringi grup karawitan Siswo Hutomo Laras. Ketika ditemui saat lomba, pembina karawitan Siswo Hutomo Laras SMPN 1 Kecamatan Jetis, Suharyanto, M.Pd, mengatakan bahwa walaupun masih pemula, tetapi anak-anak sudah berani mengikuti lomba di tingkat kabupaten bersaing dengan grup karawitan dari sekolah lainnya. Beliau juga menjelaskan kegiatan karawitan merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang baru diadakan satu tahun ini di sekolahnya dengan pelatih Bapak Lasirin. Dalam setahun ini sudah dua lomba yang diikuti, meskipun belum juara tetapi sudah memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mengembangkan potensinya dan berkompetisi di tingkat kabupaten. Setelah melihat penampilan siswanya, Kepala SMPN 1 Kecamatan Jetis, Dra. Nurlaila Djadjuli, M.Pd. menyampaikan rasa syukurnya karena grup karawitan Siswo Hutomo Laras SMPN 1 Kecamatan Jetis tampil apik saat lomba, walaupun penampilaanya belum maksimal. Beliau mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian sekolah dalam menguri-uri budaya jawa dan menanamkan cinta kebudayaannya sendiri pada siswanya di era globalisasi ini. Tak lupa Kepala SMPN 1 Jetis menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Siswa dan Pengurus Komite atas dukungan serta motivasinya sehingga sekolah selalu bisa mengikuti lomba baik di tingkat kabupaten maupun nasional.





Grup karawitan ini berlatih setiap hari Sabtu dan merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler di SMPN 1 Kecamatan Jetis. Teruslah berjuang anak-anakku, isi masa mudamu dengan hal-hal yang positif berkarya untuk SMPN 1 Kecamatan Jetis. Bravo SMPN 1 Kecamatan Jetis. (Humas SMPN 1 Kec. Jetis)