Informasi

Jumlah Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini37
mod_vvisit_counterKemarin43
mod_vvisit_counterMinggu Ini436
mod_vvisit_counterMinggu kemarin598
mod_vvisit_counterBulan ini1476
mod_vvisit_counterBulan lalu1956
mod_vvisit_counterSemuanya243980

Online (20 minutes ago): 1
IP Anda: 54.92.141.211
,
Hari ini: Okt 21, 2017


SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 22 April 2009 03:19

Siapa bilang sekolah desa selalu dianggap ketinggalan dari sekolah kota. SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo yang mempunyai visi: Bertaqwa, Produktif, Cinta Lingkungan dan Berdaya Saing Global ini sarat dengan prestasi yang menepis anggapan tersebut. Dengan mottonya Belajar adalah semangatku, disiplin adalah jiwaku, prestasi adalah cita-citaku, benar-benar mempunyai semangat tinggi untuk mewujudkan visinya.

Bak mutiara terpendam SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo mulai menampakkan sinarnya. SMP Negeri 1 Jetis terletak delapan km arah selatan Ponorogo menuju arah Trenggalek, tepatnya beralamat di Jalan Jenderal Sudirman 28 A, Desa Josari, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo. Karena letaknya yang strategis ini sehingga merupakan salah satu daya tarik bagi masyarakat untuk memilihnya, di samping prestasi sekolah, siswa serta gurunya yang selalu meningkat dari tahun ke tahun. Sekolah ini berdiri sejak tahun 1978 dan merupakan sekolah negeri pertama yang berada di luar Kota Ponorogo. Sekolah ini maju setapak demi setapak dan mulai berkembang dengan pesat baik fisik maupun kualitasnya setelah Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI).

Jetis adalah daerah yang dikelilingi oleh pondok-pondok pesantren, seperti Pondok Modern Gontor dan Pondok Wali Songo. Mayoritas penduduk di daerah Jetis adalah pemeluk Agama Islam, sehingga nuansa Islam sangat dominant menjiwai kehidupan  masyarakatnya. Kultur religius masyarakat Jetis menghendaki terwujudnya pendidikan yang tidak hanya berorientasi pada IPTEK semata, melainkan juga spiritual learning.

Sehingga diharapkan pendidikan yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jetis dapat menghasilkan insan kamil, yaitu memiliki ruhul jihad dalam membangun masyarakat, bangsa, negara, dan agama. Hal ini memiliki relevansi strategis dalam menciptakan clean governance dalam kancah politik nasional. Jetis sebagai kawasan agraris menjadikan masyarakatnya cenderung konsumtif. Hal ini menjadikan tantangan bagi dunia pendidikan khususnya SMP Negeri 1 Jetis untuk menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki daya saing dan daya tawar yang tinggi dengan menitikberatkan pada output yang produktif.

SMP Negeri 1 Jetis berusaha menjawab tantangan dalam dunia pendidikan dengan mengembangkan berbagai program life skill seperti pembelajaran tata busana, elektronika, komputer, dai, conversation, karya ilmiah remaja, bahasa Arab, kajian Islam, musik, pramuka, berbagai macam cabang olah raga, dan Palang Merah Remaja. Globalisasi dalam dunia pendidikan menuntut perluasan akses yang akurat, cepat dan bermanfaat setiap saat.

Untuk itu diperlukan manajemen informasi dengan Information Comunication and Technology yang dapat memberikan informasi selengkap-lengkapnya untuk keperluan pendidikan mengingat begitu pesatnya perubahan yang terjadi setiap saat dalam dunia pendidikan. Pemanfaatan ICT khususnya internet sangat dibutuhkan dalam menyediakan sumber belajar baik bagi guru maupun siswa di SMP Negeri 1 Jetis, sehingga warga SMP Negeri 1 Jetis mampu menyesuaikan dengan perkembangan IPTEK.

 

Plt. Kepala SMPN 1 Jetis Ponorogo

Drs. TRI SULAIMAN, M.Pd