Jumlah Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini17
mod_vvisit_counterKemarin29
mod_vvisit_counterMinggu Ini183
mod_vvisit_counterMinggu kemarin452
mod_vvisit_counterBulan ini1239
mod_vvisit_counterBulan lalu1063
mod_vvisit_counterSemuanya280125

Online (20 minutes ago): 1
IP Anda: 34.231.21.83
,
Hari ini: Mei 30, 2020


Rangkaian HUT SMPN 1 Jetis ke-42, Bhaksos, Donor Darah, Festival Reyog, Pagelaran Seni Budaya hingga Sepeda Santai PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Sabtu, 14 Maret 2020 05:48

Sumber: Seputar Ponorogo

Ponorogo - Masih dalam rangkaian HUT SMPN 1 Jetis ke-42, beragam kegiatan dilakukan, diantaranya digelar Panggung Seni Budaya yang dipusatkan di Halaman Sekolah. Dalam acara pembukaan, hadir Kepala Dinas Pendidikan Ponorogo, Ir Retno Wulandari bersama jajaran pengawas, komite serta tamu udangan penting lainnya, Rabu, (11/03/2020).

Kehadiran Kepala Dinas Pendidikan Ponorogo bersama rombongan ini diberi suguhan menarik pertunjukan Seni dan Budaya Tradisional. Festival Seni Reyog Ponorogo antar kelas dan juga Pagelaran Seni Budaya menjadi ajang unjuk kebolehan siswa antar kelas.

 


Dengan menampilkan peran lengkap kesenian tradisional reyog ponorogo baik pembarong, jathil maupun warok. Adapula yang berperan sebagai pujangganong maupun prabu klono sewandono-nya. Siswa-siswi binaan SMPN 1 Jetis ini mampu menunjukkan eksotisme budaya lokal ponorogo yang patut mendapat apresiasi.

Semua aktor dalam Kesenian Tradisional Reyog Ponorogo tersebut menjadi materi wajib yang diajarkan di sekolah. Tak sekedar teori praktek di dalam kelas tetapi juga tampil di tempat umum dalam sebuah pertunjukan panggung. Sehingga diselenggarakanlah even tahunan tersebut menjadi sarana memfasilitasi kemampuan siswa dalam bidang seni dan budaya. “Dengan digelarnya Panggung Seni Budaya seperti ini bertujuan untuk melatih mental serta menguji keberanian anak-anak di tampil depan umum,” kata Kepala SMPN 1 Jetis, Dra. Asih Setyowati., M.Pd saat ditemui di sela kegiatan Pagelaran Seni dan Budaya.


Masih menurutnya, Pagelaran Seni Budaya tersebut merupakan serangkaian kegiatan yang digelar memperingati HUT ke-42 SMPN 1 Jetis. “Banyak kegiatan yang kita gelar diantaranya Donor darah, bhakti sosial dengan memberikan alat kebersihan kepada Masjid/ Mushola serta bagi sembako kepada warga kurang mampu di Wilayah Kecamatan Jetis. Siswa Kelas 7 Bhakti Sosial di Masjid dan Mushola, Siswa Kelas 8 Festival Reyog Ponorogo antar kelas, Kelas 9 menampilkan Pagelaran Seni budaya dan masih ada lagi kegiatan Sepeda Santai “Nggowes Bareng” Keluarga Besar SMPN 1 Jetis,” ungkapnya

Serangkaian panjang kegiatan HUT ke-42 SMPN 1 Jetis tersebut merupakan wujud syukur serta apresiasi terhadap prestasi yang telah ditorehkan selama 42 tahun. "Di usia ke-42 tahun SMPN 1 Jetis terus berkarya, dengan prestasi membanggakan baik di tingkat Kecamatan, kabupaten, provinsi, nasional bahkan internasional," pungkasnya.

Dalam kesempatan pembukaan Panggung Seni Budaya tersebut, Kepala SMPN 1 Jetis, Dra. Asih Setyowati., M.Pd berkesempatan menyerahkan Buku Karya SMPN 1 Jetis. Penyerahan buku tersebut menjadi bukti Gerakan Literasi yang berjalan dengan baik di Sekolah tersebut. (han)

 

 
Sapu Bersih Medali OPSI 2019 PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Sabtu, 14 Desember 2019 00:24

SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo kembali menorehkan prestasi skala NASIONAL. Pada ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) atau yang dulu dikenal dengan nama Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, tiga tim dari sekolah ini berhak tampil pada babak final setelah menyisihkan ribuan naskah lainnya dalam bidang ilmu Pengetahuan, Teknik dan Rekayasa.

Final OPSI 2019 dilaksanakan di Jakarta, tanggal 26 sd. 30 Nopember 2019. Dari tiga tim yang lolos ke final tersebut, alhamdulillah ketiganya membawa pulang medali. Selain menambah koleksi medali sekolah, prestasi ini juga sekaligus melanjutkan tradisi juara pada even penelitian pelajar paling bergengsi tingkat nasional tersebut. Prestasi ini juga sekali lagi membuktikan bahwa hasil tidak akan mengkhianati proses, apalagi jika proses tersebut merupakan sebuah usaha yang dilakukan dengan sangat keras.

Terima kasih sebesar-besarnya kepada TIM OPSI 2019 SMPN 1 Jetis Ponorogo dibawah bimbingan Bapak Dwi Sujatmiko, ST yang tidak hanya kembali melambungkan tinggi nama sekolah, tapi juga telah mengharumkan nama daerah di tingkat nasional. Insyaallah prestasi ini akan tetap berlanjut mengingat salah satu tim bahkan masih kelas VII. Dan semoga hasil ini bisa dijadikan motivasi seluruh warga sekolah, serta memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan dan penelitian khususnya di wilayah Ponorogo.

SALAM JUARA!!!

Skuad lengkap beserta pembimbing

Medali Emas
Judul: Pengaman Sepeda Motor Berbasis SIM Berdasar Level Umur Pengendara
Tim:
1. Maulana Bintang Pratama P.S. (VIII F)
2. Vanky Agrinda Tama (VIII G)
3. Andiyan Rahmad Hafid (VIII H)

Medali Perak
Judul: Sajadah Elektronik Penghitung dan Pengingat Jumlah Rakaat Shalat untuk Lansia
Tim:
1. Nasywa AziizatuZ Zahro (VII G)
2. Salsabila Dinis Oktavista (VII G)
3. Meylani Putri Eka Wardani (VII C)

Medali Perunggu
Judul: Alat Ketertiban Pengunjung Perpustakaan Menggunakan Kendali Mikrokontroler Berbasis Sound Sensor
1. Muhammad Farid Al Hasan (VIII H)
2. Hafizh Akmal Rabbani (VIII H)
3. Hendri Dhama Setiawan (VIII F)

 
SEMARAK HUT KE-42 SMPN 1 JETIS TAHUN 2019 PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 25 September 2019 01:32

Perayaan ulang tahun ke-42 SMPN 1 Jetis tahun 2019 ini akan berlangsung meriah. Jika biasanya diadakan dengan lomba-lomba tingkat SD/MI, tahun ini SMPN 1 Jetis memberikan suguhan yang lebih menarik. Acara akan dilaksanakan selama 3 hari 3 malam berturut-turut dipusatkan di Lapangan Desa Josari Jetis.

Adapun agenda acara yang akan disuguhkan yaitu berupa :

Rabu, 23 Oktober 2019
- Parade Reyog (13.00 WIB sd. selesai)
- Pentas Seni Siswa SMPN 1 Jetis (19.00 WIB sd. selesai)

Kamis, 24 Oktober 2019
- Parade Gajah-gajahan dan Jaranan Thik (13.00 WIB sd. selesai)
- Penampilan Grup Reyog Siswa SMPN 1 Jetis (19.00 WIB sd. selesai)

Jumat, 25 Oktober 2019
Merupakan malam puncak acara yang dimulai pukul 19.30 WIB, digelar wayang kulit semalam suntuk oleh dalang KI MUHAMMAD PAMUNGKAS PRASETYO BAYU AJI dari Surakarta, dengan lakon WAHYU SENOPATI (GATUTKACA WINISUDA).

Mohon doa dan dukungannya agar seluruh rangkaian acara yang sudah diagendakan bisa berjalan dengan lancar dan sukses.


 
EXPO SCIENCES ASIA 2018 PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Jumat, 09 November 2018 00:42

Rompi cerdas penunjuk arah dan pengaman kecelakaan untuk penyandang tuna netra (Smart Vest for Blind People) adalah hasil temuan siswa SMPN 1 Jetis Ponorogo yang telah berhasil meraih medali Emas dalam ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) yang dilaksanakan di Surabaya pada bulan Juli 2018 yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Dari perolehan medali tersebut siswa  mengikuti seleksi untuk mengikuti kegiatan EXPO SCIENCES ASIA 2018. Berdasarkan seleksi tersebut, siswa SMP N 1 Jetis  lolos untuk mewakili Indonesia dalam ajang  Expo Sciences  Asia di Korea Selatan pada tanggal 18 s/d 23 Oktober 2018. Sebelum kegiatan expo dilaksanakan dilakukan TC 1 yang di adakan di Bandung selama 5 hari dan TC ke  2 selama 5 hari di Jakarta.  Setelah  kegiatan TC selesai dua siswi  tersebut berangkat ke Korea Selatan untuk mengikuti kegiatan Expo Sciences  Asia yang diikuti oleh dari berbagai negara dengan hasil memperoleh special participant award medal.

 

 

 

 

 
Siswi SMPN 1 Jetis Ponorogo Raih Medali Emas Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2018 PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Jumat, 27 Juli 2018 02:54

Dua Siswi SMPN 1 Jetis Ponorogo, Else Windasari dan Radeva Chanika berhasil meraih prestasi bergengsi sekaligus membanggakan yakni merebut medali emas pada Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang dilaksanakan di Surabaya, 22 - 26 Juli 2018, dengan judul penelitian "Rompi Cerdas Penunjuk Arah dan Pengaman Kecelakaan Bagi Penyandang Tuna Netra".
Sebelumnya, naskah penelitian Else dan Radeva berhasil menyisihkan ribuan naskah dari seluruh Indonesia untuk kategori Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, sehingga terpilih untuk tampil pada babak final di Surabaya. Selanjutnya, presentasi yang disampaikan pada babak final ternyata berhasil memikat Tim Juri sehingga diberikan nilai terbaik bahkan untuk kategori medali emas.
Dengan demikian, tradisi medali untuk Lomba Penelitian Tingkat Nasional tahun ini tetap terjaga. Semoga prestasi ini tetap berlanjut bahkan terus meningkat. Selamat untuk Else dan Radeva beserta Guru Pembimbing, terima kasih telah mengharumkan nama sekolah di ajang penelitian level tertinggi tingkat nasional!
InsyaAllah berlanjut Go Internasional, amin.


Else (kiri) dan Radeva saat mempresentasikan hasil penelitiannya.


Salah satu Juri sedang mencoba alat hasil karya penelitian


Sesaat sebelum penyerahan medali


Para penerima medali OPSI 2018


Dari kiri ke kanan, Dwi Sujatmiko, ST (Guru Pembimbing), salah satu Juri, Else Widyasari, Radeva Chanika

 
« MulaiSebelumnya1234BerikutnyaAkhir »

Halaman 1 dari 4