Jumlah Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini27
mod_vvisit_counterKemarin219
mod_vvisit_counterMinggu Ini497
mod_vvisit_counterMinggu kemarin165
mod_vvisit_counterBulan ini681
mod_vvisit_counterBulan lalu1467
mod_vvisit_counterSemuanya262182

Online (20 minutes ago): 1
IP Anda: 54.82.93.116
,
Hari ini: Nov 17, 2018


Tim SMPN 1 Jetis Lolos ke Final LPIR 2012 PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Selasa, 25 September 2012 00:48

Satu kelompok bidang teknologi dari SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo berhasil lolos ke putaran final pada Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) 2012 tingkat nasional yang dilaksanakan pada 24-29 September 2012 di Hotel Aria Barito Jalan MT Haryono no 16 Banjarmasin dan dibuka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI.

Sebelumnya dilakukan pembinaan intensif di sekolah serta melakukan tahapan-tahapan penelitian ilmiah dan sejak dua bulan yang lalu SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo mengirim 12 karya ilmiah remaja, namun yang lolos dalam seleksi hanya satu kelompok dengan judul karya ilmiah terbaik secara nasional,

Menurut Dwi Sujatmiko, A.Md, Guru Pembimbing Penelitian Ilmiah, SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo memang ingin mempertahankan tradisi final sekaligus meningkatkan prestasi dimana sudah beberapa tahun selalu menempatkan wakil, dengan prestasi tertinggi sampai dengan saat ini adalah medali perak LPIR 2011.

Tim yang lolos tersebut beranggotakan Khoirul Amri Zakaria, Ahlan Riwahyu Habibi, dan Sahala Wahyu Wardana dengan Judul Naskah Penelitian “Rancang Bangun Inverter Otomatis Satu Fasa Sebagai Alternatif Pembangkit Listrik Cadangan Rumah Tinggal Pedesaan Berbasis Automatic Transfer Switch (ATS) Efisien Dan Ramah Lingkungan"

Diiringi doa dari segenap warga sekolah, mudah-mudahan pada perlombaan tersebut mereka memperoleh juara, sehingga dapat mengharumkan Kota Ponorogo dan khususnya SMP Negeri 1 Kecamatan Jetis.


Dari kiri ke kanan: Amri, Ahlan, Sahala beserta guru pembimbing Dwi Sujatmiko, A.Md


Rancang bangun teknologi yang diusung tim dalam perlombaan kali ini

 
Batik, Kebanggaan Indonesia PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Kamis, 13 September 2012 01:06

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga pada masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya "Batik Cap" yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. Ada beberapa pengecualian bagi fenomena ini, yaitu batik pesisir yang memiliki garis maskulin seperti yang bisa dilihat pada corak "Mega Mendung", dimana di beberapa daerah pesisir pekerjaan membatik adalah lazim bagi kaum lelaki.

Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang. Bahkan sampai saat ini, beberapa motif batik tadisional hanya dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta.

Batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia ( Jawa ) yang sampai saat ini masih ada. Batik juga pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto, yang pada waktu itu memakai batik pada Konferensi PBB.
(wikipedia.org)

Dan kini, batik Indonesia juga telah mendapat pengakuan dunia internasional. Pada tanggal 02 Oktober 2009, Batik ditetapkan sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan bendawi (Masterpieces Of The Oral Intangible Heritage Of Humanity)  oleh UNESCO. Hal ini mempertegas kepada dunia Internasional bahwa batik adalah milik Indonesia. Dengan diakuinya batik oleh dunia internasional, rasanya sangat aneh apabila kita sebagai bangsa Indonesia tidak melestarikan batik Indonesia.

Langkah pelestarian dapat kita mulai dari diri kita sendiri. Mulailah untuk lebih mengenal batik, bisa melalui buku ataupun browsing di internet. Kemudian cintailah batik Indonesia, dengan tidak canggung atau malu ketika memakai batik.

SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo juga berperan serta dalam upaya melestarikan batik. Mulai tahun ajaran 2010/2011 sekolah ini telah memasukkan Batik sebagai salah satu materi pelajaran dengan pengampu pengajar seni rupa Bapak Suryono, S.Pd. Dan saat ini, hasil karya siswa dalam mempelajari batik sudah dapat dinikmati dengan penuh kebanggaan. Setiap hari Sabtu, seluruh siswa kelas IX selalu memakai batik karya mereka sendiri.


Dua pengajar Seni Budaya, Sudirman, M.Pd dan Suryono, S.Pd, memamerkan salah satu contoh batik hasil karya siswa.


Siswa saat mengenakan batik hasil karyanya.

 
Akhir Semeter Ganjil 2011/2012 PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Selasa, 27 Desember 2011 02:09

Akhir semester ganjil 2011/2012 telah tiba, ditandai dengan libur panjang, kurang lebih selama 2 minggu mulai hari Selasa tanggal 27 Desember 2011 sampai dengan Sabtu, 7 Januari 2012.
Sehari menjelang liburan kemarin, telah dibagikan Laporan Hasil Belajar Siswa (buku rapor) kepada semua wali siswa. Selain itu juga diadakan upacara tutup semester, yang diantaranya diumumkan beberapa penghargaan kepada para siswa yang meraih nilai tertinggi baik itu per mata pelajaran maupun per tingkat kelas paralel.
Selama liburan, ada beberapa kegiatan sekolah yang harus diikuti oleh semua warga sekolah, diawali dengan English Camp untuk siswa kelas VII, Piket Harian oleh Guru, Siswa, dan Karyawan selama masa liburan, dan workshop untuk guru.
Ada dua workshop yang diagendakan pada liburan kali ini yakni Workshop Penyusunan Perangkat Mengajar Guru dan Workshop Pemanfaatan E-Learning. Kedua workshop ini diadakan pada paruh awal liburan, atau di minggu pertama, tanggal 27 sampai dengan 31 Desember 2011.

Foto-foto: Kepala Sekolah beserta para siswa peraih nilai terbaik kelas VII, VIII, dan IX

Kepada seluruh anggota keluarga besar SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo, selamat menikmati liburan panjang ini beserta seluruh aktifitasnya, semoga tetap bermanfaat, sampai jumpa di kegiatan pembelajaran semester depan.. :)

 
HUT Guru dan Guru Favorit Siswa PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 30 November 2011 05:32

Memeriahkan Hari Ulang Tahun PGRI ke 66, SMP Negeri 1 Jetis mengadakan pemilihan guru favorit. Penilaian dilakukan oleh seluruh siswa, dimana setiap siswa berhak untuk memilih tiga guru terbaik menurut mereka berdasarkan kualifikasi yang ditentukan oleh sekolah.

Secara umum, Kriteria Guru Profesional Menurut Undang-undang Guru (UU RI NO. 14 TAHUN 2005) adalah Guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Kualifikasi akademik guru diperoleh melalui pendidikan tinggi program sarjana (S1) atau diploma empat (D4). Kompetensi guru sebagai agen pembelajaran meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi.

Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik. Kompetensi kepribadian adalah kondisi guru sebagai individu yang memiliki kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, arif, dan berwibawa serta menjadi teladan peserta didik. Kompetensi profesional adalah kemampuan penguasaan bidang studi/mata pelajaran yang akan ditransformasikan kepada peserta didik secara luas dan mendalam. Sedangkan kompetensi sosial adalah kemampuan guru untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.

Berdasarkan penilaian oleh seluruh siswa, terpilih 3 Guru SMPN 1 Jetis terfavorit yakni:
1. Erita Prihartini, S.Pd (Bahasa Inggris)
2. Suryanti, S.Pd (Fisika)
3. Rachma Indah Kurnia, S.Pd (Fisika)

Dari kiri: Ibu Nunuk (Kepala Sekolah), Ibu Rachma, Ibu Suryanti, Ibu Erita

 

Selamat kepada yang telah terpilih, semoga bisa menjadi suntikan motivasi bagi semua.
Selamat Hari Guru.

 
Kejuaraan Ju Jitsu SMASA CUP Ngawi 2011 PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Selasa, 25 Oktober 2011 13:10
Jumat 21 Oktober 2011 Wabup, Ony Anwar membuka Kejurda Ju Jitsu Antar Pelajar Se-Jawa Timur yang di gelar di Gedung Eko Kapti, Kota Ngawi. Tak kurang dari 350 peserta meramaikan kejuaraan Ju Jitsu antar pelajar se-jatim yang diprakarsai oleh SMA Negeri 1 Ngawi dan bertitel SMASA CUP ini. Mereka tidak hanya dari daerah Bakorwil Madiun saja, tapi juga luar daerah seperti Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Pasuruan dan Kediri.
 
Dojo SMP Negeri 1 Jetis juga Mengirimkan kontingennya sebanyak 21 peserta yang turun di berbagai kelas, dan secara membanggakan mampu meraih beberapa medali bergengsi antara lain:
 
1. Juara 3 Kelas D Junior Putra a.n: Galih Bhaktiar Candra (IXA)
2. Juara 1 Kelas A Junior Putri a.n: Puri Retno Rahayu (VIIIA)
3. Juara 2 Kelas A Junior Putri a.n: Agustin Tri Rohana (IXC)
4. Juara 3 Kelas A Junior Putri a.n: Atik Yuniar Rachmawati (VIIIE)
5. Juara 3 Kelas B Junior Putri a.n: Refiana Windasari (VIIB)


Foto: suasana latihan di Dojo SMPN 1 Jetis Ponorogo

Raihan berbagai medali ini merupakan buah dari latihan rutin yang diselenggarakan di SMPN 1 Jetis Ponorogo yang merupakan salah satu wadah pengembangan diri bagi siswa. Dan semoga hasil gemilang di kejuaraan SMASA CUP Ngawi ini mampu memotivasi semangat atlet-atlet Ju Jitsu dari SMPN 1 Jetis khususnya untuk semakin berprestasi di masa mendatang.

OOSH!!!
 
« MulaiSebelumnya123BerikutnyaAkhir »

Halaman 3 dari 3