Jumlah Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini22
mod_vvisit_counterKemarin39
mod_vvisit_counterMinggu Ini61
mod_vvisit_counterMinggu kemarin179
mod_vvisit_counterBulan ini178
mod_vvisit_counterBulan lalu727
mod_vvisit_counterSemuanya278001

Online (20 minutes ago): 2
IP Anda: 18.207.130.162
,
Hari ini: Apr 06, 2020


Alhamdulillah, Tradisi Emas Terjaga PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 09 Oktober 2013 01:30

Tim Rekayasa Teknologi SMPN 1 Jetis Ponorogo yang diwakili oleh Hegar Gagah Anantaka dan Fadhil Mushthafa berhasil mendapatkan Medali Emas dalam Final Lomba Penelitian Ilmiah Remaja Tingkat Nasional Jenjang SMP tahun 2013 yang dilangsungkan di Bali, 24 sd. 30 September 2013 melalui karya penelitian yang berjudul "Rancang Bangun Speed Limiter Sebagai lndikator Pembatas Laju Kecepatan Sepeda Motor Berbasis Magnetic Pick Up Dalam Upaya Meminimalisir Angka Kecelakaan Lalu Lintas".


dari kiri ke kanan: Fadhil Mushthafa, Guru Pembina Dwi Sujatmiko, S.Pd, Direktur Pembinaan SMP Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Didik Suhardi, Ph.D, dan Hegar Gagah Anantaka berpose sesaat setelah menerima penghargaan.


Medali dan uang pembinaan bagi peraih medali emas

 
Sekolah Adiwiyata PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Senin, 21 Januari 2013 13:35

Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkingan yang negatif.

Dalam pelaksanaannya Kementrian Negara Lingkungan Hidup bekerjasama dengan para stakeholder, menggulirkan Program Adiwiyata ini dengan harapan dapat mengajak warga sekolah.

Kata ADIWIYATA berasal dari 2 kata Sansekerta “ADI” dan “WIYATA”. “ADI” mempunyai ,makna : besar, agung, baik, ideal atau sempurna. WIYATA mempunyai makna : tempat dimana seseorang mendapat ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial. Jadi, ADIWIYATA mempunyai pengertian atau makna : Tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Saat ini SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo menjadi salah satu wakil Propinsi Jawa Timur sebagai usulan Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional. Dukungan dari seluruh warga sekolah sangat diperlukan guna menyukseskan misi sekolah kali ini.

Foto di bawah ini adalah beberapa contoh persiapan sekolah menjelang maju sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Nasional:


Memperingati hari-hari nasional tentang Lingkungan Hidup


Penanaman pohon / tanaman teduh di sekitar lingkungan sekolah


Green House sebagai klinik tanaman


Komposter sebagai sarana pembuatan kompos dengan bahan baku sampah organik


Memanfaatkan limbah air wudhu sebagai pengisi kolam ikan


Sosialisasi adiwiyata / pengelolaan sampah di sekolah-sekolah sekitar

 
Kunjungan dari Young High School PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Jumat, 11 Januari 2013 02:18

Mr. Larry, salah seorang pengajar dari Young High School, NSW Australia, mengunjungi SMP Negeri 1 Jetis. Ini sekaligus dalam rangka kelanjutan realisasi program Sister School, setelah selama ini komunikasi telah terjalin dengan baik melalui email dan teleconference.

Pak Larry berkenalan dengan seluruh siswa saat pertama tiba di sekolah

berkomunikasi dengan siswa di dalam kelas

sangat terkesan dengan pertunjukan reyog yang dipentaskan siswa SMPN 1 Jetis dibawah bimbingan Bapak Sudirman, M.Pd

berpose bersama group reyog SMPN 1 Jetis

 
Tim SMPN 1 Jetis Lolos ke Final LPIR 2012 PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Selasa, 25 September 2012 00:48

Satu kelompok bidang teknologi dari SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo berhasil lolos ke putaran final pada Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) 2012 tingkat nasional yang dilaksanakan pada 24-29 September 2012 di Hotel Aria Barito Jalan MT Haryono no 16 Banjarmasin dan dibuka Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI.

Sebelumnya dilakukan pembinaan intensif di sekolah serta melakukan tahapan-tahapan penelitian ilmiah dan sejak dua bulan yang lalu SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo mengirim 12 karya ilmiah remaja, namun yang lolos dalam seleksi hanya satu kelompok dengan judul karya ilmiah terbaik secara nasional,

Menurut Dwi Sujatmiko, A.Md, Guru Pembimbing Penelitian Ilmiah, SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo memang ingin mempertahankan tradisi final sekaligus meningkatkan prestasi dimana sudah beberapa tahun selalu menempatkan wakil, dengan prestasi tertinggi sampai dengan saat ini adalah medali perak LPIR 2011.

Tim yang lolos tersebut beranggotakan Khoirul Amri Zakaria, Ahlan Riwahyu Habibi, dan Sahala Wahyu Wardana dengan Judul Naskah Penelitian “Rancang Bangun Inverter Otomatis Satu Fasa Sebagai Alternatif Pembangkit Listrik Cadangan Rumah Tinggal Pedesaan Berbasis Automatic Transfer Switch (ATS) Efisien Dan Ramah Lingkungan"

Diiringi doa dari segenap warga sekolah, mudah-mudahan pada perlombaan tersebut mereka memperoleh juara, sehingga dapat mengharumkan Kota Ponorogo dan khususnya SMP Negeri 1 Kecamatan Jetis.


Dari kiri ke kanan: Amri, Ahlan, Sahala beserta guru pembimbing Dwi Sujatmiko, A.Md


Rancang bangun teknologi yang diusung tim dalam perlombaan kali ini

 
Batik, Kebanggaan Indonesia PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Kamis, 13 September 2012 01:06

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga pada masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya "Batik Cap" yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. Ada beberapa pengecualian bagi fenomena ini, yaitu batik pesisir yang memiliki garis maskulin seperti yang bisa dilihat pada corak "Mega Mendung", dimana di beberapa daerah pesisir pekerjaan membatik adalah lazim bagi kaum lelaki.

Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang. Bahkan sampai saat ini, beberapa motif batik tadisional hanya dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta.

Batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia ( Jawa ) yang sampai saat ini masih ada. Batik juga pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto, yang pada waktu itu memakai batik pada Konferensi PBB.
(wikipedia.org)

Dan kini, batik Indonesia juga telah mendapat pengakuan dunia internasional. Pada tanggal 02 Oktober 2009, Batik ditetapkan sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan bendawi (Masterpieces Of The Oral Intangible Heritage Of Humanity)  oleh UNESCO. Hal ini mempertegas kepada dunia Internasional bahwa batik adalah milik Indonesia. Dengan diakuinya batik oleh dunia internasional, rasanya sangat aneh apabila kita sebagai bangsa Indonesia tidak melestarikan batik Indonesia.

Langkah pelestarian dapat kita mulai dari diri kita sendiri. Mulailah untuk lebih mengenal batik, bisa melalui buku ataupun browsing di internet. Kemudian cintailah batik Indonesia, dengan tidak canggung atau malu ketika memakai batik.

SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo juga berperan serta dalam upaya melestarikan batik. Mulai tahun ajaran 2010/2011 sekolah ini telah memasukkan Batik sebagai salah satu materi pelajaran dengan pengampu pengajar seni rupa Bapak Suryono, S.Pd. Dan saat ini, hasil karya siswa dalam mempelajari batik sudah dapat dinikmati dengan penuh kebanggaan. Setiap hari Sabtu, seluruh siswa kelas IX selalu memakai batik karya mereka sendiri.


Dua pengajar Seni Budaya, Sudirman, M.Pd dan Suryono, S.Pd, memamerkan salah satu contoh batik hasil karya siswa.


Siswa saat mengenakan batik hasil karyanya.

 
« MulaiSebelumnya1234BerikutnyaAkhir »

Halaman 3 dari 4