Satuan pendidikan atau yang biasa kita sebut sekolah adalah institusi atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat untuk menerima dan memberi pelajaran.
Dalam pengelolannya, sekolah memerlukan adanya monitoring dan evaluasi guna mencapai tujuan dari pendidikan agar prosesnya dapat terlaksana dengan baik.
Pengawas Sekolah mempunyai tugas, tanggung jawab dan wewenang secara penuh untuk melakukan pengawasan pendidikan di sekolah dengan melaksanakan penilaian dan pembinaan dari segi teknis pendidikan dan administrasi pada satuan pendidikan tertentu dan sekaligus berfungsi sebagai mitra guru dan kepala sekolah, inovator, konselor, motivator, kolaborator, dan asesor. Bentuk kegiatan yang dapat dilakukan dalam rangka pembinaan sekolah adalah dengan melakukan pemantauan (monitoring) dan penilaian (evaluasi).


Selasa, 28 Juli 2020, Bapak Ari Mustofa, M.Pd selaku Pengawas SMPN 1 Jetis melaksanakan monitoring pembelajaran yang dilakukan secara Online Dalam Jaringan (Daring) di SMP Negeri 1 Jetis. Selain memberi masukan tentang teknis pelaksanaan pembelajaran daring termasuk mendorong Guru agar segera beradaptasi dengan teknologi, beliau juga memberikan dorongan kepada Bapak/Ibu Guru untuk terus meningkatkan motivasi siswa saat pembelajaran daring seperti saat ini. Karena semangat belajar dapat dimiliki dengan meningkatkan motivasi belajar. Motivasi belajar adalah sebuah penggerak atau pendorong yang membuat seseorang akan tertarik kepada belajar sehingga akan belajar secara terus-menerus dan berprestasi.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *